Tik-tok tik-tok – Hujan Pun…

Tidak hanya dilan yang mampu mengisi teka-teki silang, Ara pun kalau sedang gabut kerjannya mengisi teka-teki silang. Bahkan ketika aku tantang dia untuk membuat soal teka-teki silang dia pun mampu membuatkannya, dan tentu aku tidak bisa menyelesaikannya hahaha.

“Ara, coba jelaskan yang ibu jelaskan”
“Ara, bangun!”
“Tolong ana bangunkan Ara!”
“Ya, bu?”
“Sekarang jelaskan apa yang sudah ibu jelaskan tadi”
“Proses fotosintesis melibatkan dua rangkaian reaksi yang berurutan, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Seperti namanya, reaksi terang bergantung pada cahaya, disebut juga dengan reaksi Hill. Sementara itu, reaksi gelap tidak bergantung pada cahaya dan disebut sebagai siklus Calvin-Benson.

Tahapan pada reaksi terang meliputi penyerapan cahaya dan transpor elektron, pemecahan air, dan pembentukan energi tinggi intermediet ATP (fotofosforilasi). Hasil dari reaksi terang kemudian dimanfaatkan dalam reaksi gelap, yaitu fase biosintetik.

Reaksi gelap adalah bagian sintesis dari fotosintesis, artinya pembentukan energi terjadi di reaksi gelap. Reaksi gelap terjadi di stroma oleh serangkaian enzim katalis. Reaksi gelap memfiksasi CO2 dan menyintesis karbohidrat atau gula. Reaksi gelap juga bergantung pada hasil dari reaksi terang, yaitu ATP dan NADPH.

Reaksi gelap juga merupakan jalur fiksasi karbon dalam gelap melalui senyawa intermediet yang menyebabkan pembentukan gula dan pati.”

Seluruh kelas terdiam karena penjelasan oleh Ara.

Itulah awal mula aku kenal Ara, aku sangat penasaran dan ingin tahu kenapa dia bisa menjawab pertanyaan itu! Bagaimana bisa memahami pelajaran ketika tidur?

Suara tentang fotosintesis itu-lah yang sampai saat ini terngiang-ngiang dikepalaku ketika aku melihatnya.

Aku menjadi saksi perubahan Ara dari dulu tomboy sampai menjadi feminim saat ini, entah apa yang merasukinnya tapi hanya covernya saja feminim didalam dirinya masih sangat jelas ketomboian dirinya. Entah mengapa meskipun dulu ketika SMA dia sangat tomboy, banyak sekali yang menyukai Ara. Tak heran banyak menyukainya dia sangat ramah, humble, dan cerdas. Dari kelas 1 – 3 selalu mendapatkan juara satu dikelas bahkan satu sekolah, dan mendapatkan nilai UN tertinggi pertama di Provinsi Jawa Barat, dan kelima di Nasional. Ada banyak tawaran beasiswa yang dia terima, namun ia tolak.

“Apa yang harus dibanggakan? Nilai hanyalah angka”

Aku menggelengkan kepala, kok ada ya orang se-unik dia. Disaat orang-orang lain saling berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa di dalam maupun luar negeri, ikut SBMPTN dan SNMPTN agar diterima di kampus yang di inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.