Sisi Lain

Seperti halnya dadu ia tidak hanya memiliki satu sisi akan tetapi ia memiliki banyak sisi dan terkadang kita hanya bisa melihat satu atau dua sisi akan tetapi ada sisi lain yang tersembunyi yang tidak bisa kita lihat akan tetapi kita menyadarinya bahwa ada ‘sisi’ yang hilang.

Sering kali ketika kita dihadapkan masalah, kita terbawa oleh nafsu untuk melampiaskan masalah tersebut dengan penuh amarah dan emosi. Terkadang kita HANYA terlalu terfokus pada seberapa besar masalah tersebut, akan tetapi kita tidak memikirkan bagaimana caranya keluar dari masalah tersebut. Padahal kita tahu bahwa allah memberikan masalah/cobaan melebihi kemampuan hambanya (QS.AlBaqarah: 286). Lantas bagaimana menyikapinya? kita harus senantiasa sabar dalam menghadapi cobaan/masalah tersebut. Libatkan allah dalam segala hal seperti halnya dalam mengambil keputusan, dalam menghadapi masalah, dalam bersikap, dan dalam hal apapun. FOKUS-kan pada solusi, karena kita harus yakini sebesar apapun masalah yang kita hadapi kita memiliki allah yang maha besar atas apapun bahkan terhadap masalah yang kita hadapi. Karena tuhan tahu kita mampu!

Kita harus mengetahui bagaimana cara dunia ini bekerja, kita harus sadar bahwa dunia yang kita pijak ini hanyalah sekedar fatamorgana segala bentuk kemewahan didunia hanyalah sementara dan kalah jauh dibandingkan dengan keindahan surga.

Seringkali kita merasa bahwa kita tidak mampu untuk menghadapi masalah yang sedang menghampiri kita. Terkadang kita merasakan kegelisahan, merasa bahwa sangat berat beban yang kita pikul, merasa susah, semangat patah , hingga akhirnya kita menyerah.
Ketahuilah, bahwa tidak ada ujian yang tidak dapat dilalui karena tuhan telah mengukur diri ini lebih baik hadapi segala beban diri dan hadapi ikhlas dihati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.