Ide

Aku ingin bercerita tentang salah satu kegiatanku di penghujung tahun 2020 yaitu aku mengikuti challenge menulis selamaa 30 hari #30dwc, tujuannya adalah agar aku bisa terbiasa untuk menulis namun karena persiapan yang kurang matang agak sulit untuk mencari sebuat topik yang akan dijadikan sebagai bahan tulisan.

Ini adalah hari ke-10, tidak terasa memang sudah 1/3 perjalanan semoga bisa menyelesaikan apa yang aku mulai.

Bicara tentang ide, daripada mentok menunggu ide yang sempurna, akan lebih efektif jika kita memulai sesuatu walaupun jelek, lalu kemudian memperbaiki sambil jalan.

Kalau kata Om Seth Godin, “kalau kamu mau mengeluh karena gapunya ide bagus, tunjukin dulu ide ide burukmu”

Om Godin kemudian memperkenalkan sebuah konsep bernama SVB (Smallest Viable Breakthrough), Maksudnya adalah buat sesuatu sesimpel dan sekecil mungkin, yang kamu bisa bangga akan hal tersebut. yang layak untuk dibagi ke dunia

Misalkan ketika kamu mau jadi Entrepreneur, dibandingkan membuat suatu mobile apps yang sempurna, rilis dulu aja versi sederhana dalam bentuk Google Form.

Jadi buat kamu yang lagi mentok(termasuk saya), yuk mulai sesuatu sesimpel mungkin, dan jangan takut kalau idemu jelek, karena kamu ga akan bisa menghasilkan ide bagus tanpa melalui ide yang jelek.

1 reply on “Ide”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.